Pentingnya Komunikasi Dalam Suatu Hubungan (Priskila Shela Habibuw)

     Dalam suatu hubungan, baik itu hubungan keluarga, pertemanan, pacar, pasti dibutuhkan suatu komunikasi. Komunikasi sendiri dapat berarti sebagai penyampaian pesan dari satu orang ke orang lain, agar maksud pemberi pesan dapat dipahami oleh penerima pesan. Komunikasi dilakukan untuk menyamakan pemahaman, antara pemberi pesan dan penerima pesan. Komunikasi dapat dilakukan baik secara verbal, maupun non verbal.
     Buruknya keterampilan komunikasi dapat menjadi sumber masalah dalam suatu hubungan. Dapat menjadi masalah, karena antara individu yang satu dengan yang lain tidak memahami keinginan dan maksud satu sama lain. Seringkali perempuan melakukan komunikasi secara non verbal untuk menggungkapkan keinginannya. Jika pasangannya tidak peka, maka dapat terjadi kesalah pahaman sehingga akhirnya terjadi pertengkaran dalam hubungan tersebut. Jika sudah terjadi pertengkaran, biasanya banyak pasangan hanya mengkritik satu sama lain. Dalam keadaan marah, biasanya pasangan mengungkit kembali kesalahan pasangannya, tanpa mengingat hal positif yang telah dilakukan oleh pasangannya tersebut. Sebaiknya jika terjadi kesalah pahaman, bicarakan hal yang menjadi permasalahan tersebut secara baik-baik. Bicarakan secara tenang, agar masalah dapat terselesaikan dengan baik dan tidak lagi terjadi salah paham.
     Pasangan yang baik yaitu setiap individu sensitif atau dapat memahami kebutuhan dan keinginan pasangannya. Selain itu masing-masing individu dapat mengkomunikasikan dengan baik kebutuhan dan keinginannya kepada pasangannya tersebut. jika suatu pasangan sudah memahami kebutuhan dan keinginan pasangan satu sama lain, maka kesalah pahaman pun dapat dihindari.
     Perlu juga diperhatikan cara menyampaikan pesan kepada pasangan. Kata-kata yang digunakan, nada bicara ketika berkomunikasi, juga situasi dan kondisi sekitar, apakah dalam keadaan ramai atau tidak, harus menjadi pertimbangan ketika ingin mengkomunikasikan sesuatu. Pergunakanlah kata-kata yang baik, jangan menggunakan kata-kata yang kasar, agar tidak menyakiti pasangan. Nada bicara ketika berkomunikasi juga perlu diperhatikan, komunikasikan apa yang ingin kita sampaikan dengan tenang. Juga situasi dan kondisi sekitar, jika dalam keadaan ramai, bisa saja pasangan tidak dapat mendengarkan kata-kata yang kita sampaikan dengan baik. Secara umum, komunikasi menjadi aspek terpenting jika menginginkan hubungan yang baik. Dibutuhkan keterampilan komunikasi yang baik agar pasangan dapat memahami kebutuhan dan keinginan kita. Sehingga tidak lagi terjadi kesalah pahaman dan dapat tercipta hubungan yang baik.
 
4 September 2013

0 komentar:

Posting Komentar