Manfaat Internet


 Internet Merupakan jaringan komputer terbesar yang ada pada saat ini. Internet merupakan dunia maya tanpa batas (cyberspace) yang tidak mengenal batas-batas suku, bangsa, dan benua.
Tingginya mobilitas pengguna internet menuntut jarinan internet yang lebih Fleksibel, sehingga seseorang yang sering bepergian tetap dapat mengakses internet walaupun dia dalam mobil yang sedang berjalan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dikembangkan jaringan tanpa kabel (nirkabel) seperti telpon seluler. Jaringan ini dikenal sebagai jaringan tanpa kabel (Nirkabel) yang dikenal dengan Wireless Aplcation Protocol (WAP). WAP dalam beroprasi dapat menggunakan bantuan telpon seluler sebagai sarana penghubung.
Pemakai komputer atau user dapat melakukan banyak hal melalui internet, seperti:
        Mencari informasi (hosting),
        Belanja (e-commerce),
        Berkirim surat (e-mail),
        Mengobrol (chatting),
        Research dengan internet.
Browsing banyak dilakukan pengguna internet karena dengan browsing dapat diperolah informasi yang banyak untuk para pencari reffrensi, dapat menggambarkan internet sebagai perpustakaan yang serba lengkap.
Browsing dapat dijadikan sebagai alterbatif untuk mencari berita, refrensi, dan bacaan penunjang yang sulit didapatkan didalam perpustakaan konvensional.
Saat ini banyak para pemakai internet yang segera mengupload hasil penelitian, dan karya barunya untuk publikasi dan dan menyebar kepadar masyarakat luas.
Saat ini di internet banyak ditawarkan barang, kita dapat membeli barang yang ditawarkan tanpa harus mengunjungi penjual. Sistem pembayaran bisa melewati transfer  tau sesuai dengan perjanjian pada saat mengadakan pertemuan di internet. Sistem perdaganagan seperti ini biasa dikenal sebagai E-commeerce. E-commerce menawarkan kemudahan dalam transaiksi jual beli secara cepat walaupun pembeli berada pada tempat yang jauh tetap bisa bertransaksi secara langsung.
Kemudahan-keudhan yang ditawrkan meberi efek negatif karena pembeli dan penjual tidsak pernah bertatap muka, bahkan hanya kenal didunia maya saja tanpa tahu kondisi yang sebnarnya, kelemahan lain bnayak para pembeli menggunakan alamat palsu dlam pembelianbarang yang secara kredit sehingga para penjual tidak dapt menagihnya. Penipuan modus ini sering terjai dalam bisnis e-comerce, ditambah lagi pembobolan terhadap kartu kredit seseorangyang menggunakanya sehingga sangat erugikan pemilik kartu kredit sebenarnya.
Berkirim surat atau email saat ini sangat populer bagi para pengguna komputer. Melalui email, pengirimn surat atau dapat dilakukan secara langsung dan diterima secara langsung asal penerimanya sedang online. Jika pengiriman secara konvensional maka sangat mempengaruhi oleh jarak , jarak yang jauh maka akan memakan waktu yang cukup lama, belu lagi faktor-faktor lain seperti faktor alam dan sumber daya pengiriman yang akan menabah lamnya pengirima surat tujaun. Akan tetapi jika kita mengirim surat melalui email,  ssurat yang dikirim dapat langsung diterima  oleh si penerima. Kemudian inilah yang ditawarkan oleh komputer khususnya e-mail lewat internet. Pengiriman keseluruh penjuru dunia dapat diterima secara langsung.
Chatting merupakan pola bicara di internet . jika telpon menggunakan media bunyi untuk komonikasi, sedangkan chatting diinternet menggunakan media tulisan.
Sama halnya dengan fasilitas lainnya, dalam berinternet menawarkan kemudahan, dan kecepatan denagan harga yang murah. Chatting juga demikian, meskipun kita ngobrol dengan kawan diluar negri misalnya, diaustralia atau dijepang, maka kita tetap menggunakan biaya puls lokal. Coba bandinnggkan jika engunakan telpon , apalagi telpon seluler, tentu sangat mahal, bukan?? Oleh karena itu pemahamna tentang internet ini sangat penting, baik untuk hosting , e-mail atau chatting
Reseach dewngan internet saat ini juga sudah lazim digunakan oleh seorng yang mengiginkan refrensi untuk tulisannya. Diinternet tersedia sumber bacaan lengkap dan biaya murah. Informasi diinternet juga dapat berubah setiap jam, menit bahkan detik karena banyak orang yang menguplad informasinya.

0 komentar:

Posting Komentar