Pereangkat Keras Internet


Bekerja dengan intenet memerlukan perangkt pendukung yang baik. Semakin tinggi spesivikasi kompuer yang digunaka tenu akan semakain baik. Dengan spesifikasi pendukung handware yang baik akan mempercepat proses akses.
Untuk mengakses komputer, komponen handware yang dibutuhkan berupa:
·         Prosesor minimal pentium III 500 Mhz
·         RAM 64 MB
·         VGA Card 4 MB
·         Sound Card dan ultimedia
·         CD-ROM/CD-ROM Drive
·         Harddisk minimal 10 GB
·         Monitor SVGA
·         Printer Desk Jet
·         Scanner (jika perlu)
Jika mungkin handware yang digunakan memiliki spesifik high-end, seperti:
·         Pentum 4 (3 GHz)
·         RAM 512
·         Hardisk 60 GB
·         VGA Card 256 MB
·         CD-RW
·         Monitor Samsung Synmaster 1200NF liquid Crystal Display (LCD)
·         UPS
·         Printer Laser
Modem
Perangkat berikutnya Modultor Demodulator (MODEM), merupakan perangkat untuk memodulasi data dari listrik kedalam gelombang elektro magnetik sehingga dapat dikirim melalui udara. Merek modem yang dapat digunakan antara lain, Robotik, Rockwell, atau Prolink
modem terdiri atas dua macam, yaitu eksternal dan internal. Modem external berada  berada diluar Center Prosesing Unit (CPU) sehingga mudah untuk dibawah dan dipindahkan. Modem internal adalah modem yang berada didalam CPU, bentuknya seperti kartu yang ditancapkan pada slot AGP atau slot PCI.
Saaat ini terdapat model on board sehimga tidak dapat dignti atau dicabut. Pemilihan modem  hrus didasaraka pada beberapa pertimbangan, seperti:
·         Keepatan tranmisi.
Kecepatan transmisi : sekurang-kurangnya dapat melayani volume data yang dikirm dan kecepatn yang memdai.
·         Turn arround time.
Turn arroun time proses dua aarah dan pengubahan data dalam pengiriman dan penerimaan
·         Error suseceptibilty
Error suseceptibilty daya tahan terhadap eror, hang, dan kesalahan yang dapat menimbulkan maslah dalam pengiriman dan pengambilan data dari nternet.
·         Biaya.
Dana yang tersedia untuk pembelian alat tersebut. Pembelian barang tidak mesti  harus mahal, tetapi  yang penting memiliki kemampuan dan kehandalan sesusai dengan yang dibutuhkan.
Jika modem sudah terpasang dikomputer, komputer dapat melakukn hubungan dengan server, penyedia jasa internet  (ISP) atau dengan client ditempat lain yang sama-sama menggunakan jasa inernet (ISP).
Kecepatan modem minimal 56/detik. Semakin tinggi kecepatan modem akan semakin nyaman karena akses data semakin cepat sehingga akses internet tidak menjenuhkan.
Sarana telepon juga bisa menjadi sarana berikutnya. Jaringan telpon dirumah nantinya akan disambungkan melalui modem, baik modem eksternal maupun internal. Saat ini dapat juga menggunakan telpon seluler dan hampir semua penerima jasa telepo sudah menyediakan jasa internet.
Jika komputer dalam bentuk jaringan maka dibutuhkan bebrapa tambahan alat seperti kabel UTP (Unshilded Twisted Pair),  konektor kabel RJ 45, wireless untuk yang tanpa kabel, ethrnet card bisa berupa AGP atau PCI, dan hub atau Switching
Hub atau Switching
Hub atau switching berfungsi untuk menghubungkan dua koputer atau lebih. Hub hanya dibutuhkan jika kita membangun kabel koaksial jaringan dengan menggunakan kabel UTP, jika kita menggunaka kabel koaksial  maka hub atau switcing tidak dperlukan. Dengan hub maka koneksi antar komputer satu dengan lainnya mejadi mudah karena tiggal memasukkan konektor RJ  kedalam port-port yang dimiliki hub. RJ 45 dari server auk ke hub, dan dari hub dihubungkan e komputer lainnya. Walaupun hub menghubungkan kekomputer-komputer lainnya tetapi tidak seperti modem yang mampu menerjemahkan data analog ke data digital atau sebaliknya, tidak demikian dengan hub, hub atau switching hanya menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.
Repeater.
Repeater diperlukan untuk menjaga agar support berjalan stabil dan tidak mengalami degradasi dalam jarak tertentu. Dengan pemasangan repeater maka sinysl-sinysl dapat ditangkap sesuai keinginan. Jadi, repeater seperti travo step up pada proes pengiriman arus listrik dijaringan PLN, sehinga utuk jaringan terbatas dan sekala dalam ruangan repeater tidak diperlukan karena biasanya sinyal belum mengalam pelemahan.
Bridge
Bridge adalah alat yang bertugas untuk mengirimkan paket-paket data. Bridge mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan hub atau switching karena bridge mampu membagi-bagi traffic ke segmen-segmen dengan sistem filtering traffic.
Router
Router sering digunakan untuk menghubungka user-user LAN dengan koneksi internet, yang memiliki fungsi untuk routing atau memilih rute yang terbaik dalam jaringan. Dibandingkan dengan bridge route jauh lebih mahal, karena fungsinya yang lebih kompleks dan dapat berfungsi sebagai gateway sehingga route dapat mengkoneksikan jaringan yang berbeda-beda.

0 komentar:

Posting Komentar