Pelecehan seksual terjadi karena adanya kesempatan! (Kartika Ekananda)

     Pelecehan seksual adalah perilaku pendekatan-pendekatan yang terkait dengan seks yang tidak diinginkan, termasuk permintaan untuk melakukan seks, dan perilaku lainnya yang secara verbal ataupun fisik merujuk pada seks. Pelecehan seksual dapat terjadi dimana saja baik tempat umum seperti bis, pasar, sekolah, kantor, maupun di tempat pribadi seperti rumah.
     Pelecehan seksual tidak harus diperkosa atau disentuh bagian sensitifnya. Pelecehan seksual bisa berupa candaan, rayuan, dicolek, atau juga hanya sebuah tatapan. Jika Anda merasa risih atau terganggu, itu semua sudah bisa dikatakan pelecehan seksual. Kita berhak untuk tegas dan bahkan marah untuk menyatakan keberatan atau menolaknya. Jangan malu, takut atau tidak percaya diri saat menolak perlakuan tersebut. Semakin kita terlihat malu, takut dan tidak percaya diri maka semakin gampang kita untuk dilecehkan.
     Ini dia adalah contoh-contoh dari pelecehan seksual verbal atau fisik:


     Itu adalah beberapa contoh dari pelecehan seksual yang ditujukan kepada perempuan. Jika pelecehannya sudah termasuk pelecehan yang parah misalnya sudah mulai memandang bagian sensitif tubuh anda atau juga sudah mulai menyentuh, maka tolaklah dengan galak dan tegas. Dengan cara memasang muka berani, mata melotot, badan tegap, dan jika itu tidak berpengaruh maka berteriaklah sekencang-kencangnya.
    Pelecehan seksual pun juga dapat dicegah dengan cara, tidak pulang larut malam, jika naik angkutan umum jangan memakai baju yang dapat menarik perhatian lawan jenis, tidak bertingkah aneh-aneh atau mencolok dan jangan melewati jalanan yang sudah terlihat sepi. 
     



    Jika pulang larut malam mintalah orang rumah untuk menjemput, dan jika pekerjaan menuntut untuk memakai seragam rok mini, maka pakailah rok mini tersebut hanya di jam kerja, kalau sudah pulang bergantilah dengan celana panjang agar tidak mengundang laki-laki hidung belang, carilah jalanan yang masih terlihat ramai dan atau jika hanya jalanan satu-satunya yang bisa dilewati namun jalanan itu sepi, siasatilah hal tersebut dengan menelfon seseorang agar jika terjadi sesuatu dapat diketahui oleh orang lain.

Pelecehan seksual dapat terjadi bukan karena niat dari pelakunya saja, tetapi juga karena ada kesempatan yang dapat mendukung seseorang untuk melakukan hal tersebut. Maka dari itu seorang perempuan haruslah pandai-pandai untuk menjaga diri dari hal yang tidak di inginkan tersebut :);)

25 September 2013

0 komentar:

Posting Komentar