Apa sih artinya kodrat? (Irena Nova Wijaya)

Kalian pernah ga sih dengar kata kata seperti ini?

Kamu itu wanita jadi sudah kodrat nya bisa memasak dan menyapu
Kamu itu wanita sudah kodrat nya lemah lembut dan menjaga agar anggota tubuh tetap cantik
Atau...
Karena kamu pria ya sudah seharusnya kamu menafkahkan keluarga karena memang kodratnya
Anda itu laki-laki sudah kodratnya anda memimpin

Ya, pasti sering sekali bukan? Entah di kehidupan nyata kita, di sinetron, di film, di ceramah, di buku bacaan,dll. Belum lagi yang mengucapkan seperti itu hampir dari semua kalangan.. kakak, tante, om, ibu, bapak, oma, opa, dll.
Sebenarnya apasih artinya kodrat? apa benar kodrat wanita memasak? tapi kok sekarang banyak sekali chef kelas dunia yang berjenis kelamin pria. apa benar kodrat wanita harus pandai menyapu? tapi kok kalau kita berkunjung ke perusahaan banyak ya office boy. apa benar kodrat wanita harus lemah lembut? tapi kok ada saja ya model pria androginy, malah terkenal lagi. apa benar kodrat wanita harus selalu menjaga tubuh nya tetap cantik? mungkin wanita memang butuh perawatan, tapi apakah itu kodrat? buktinya sekarang banyak pria yang doyan merawat diri, itulah sebab nya sekarang banyak salon yang memberi tempat khusus untuk pria.
mhhhh... coba pikirkan...
Coba kita balik pemikiran kita agar adil. Kodrat pria adalah menafkahkan keluarga? mh.. jaman sekarang banyak sekali wanita yang bekerja dan berpenghasilan. Kodrat pria adalah sebagai pemimpin? lalu bagaimana dengan salah satu mantan presiden kita yang adalah wanita.

Mari saya jelaskan ;D
Sebenarnya arti kodrat adalah APA YANG HANYA BISA DILAKUKAN OLEH WANITA/PRIA. coba dipirkan.. apa sih yang hanya bisa dilakukan wanita tapi tidak bisa dilakukan pria?
....
....
....

Yup! Menstruasi dan menopause! Itulah kodrat wanita
Dan, apa sih yang hanya bisa dilakukan pria tapi tidak bisa dilakukan wanita?
mmmh...
....
....
....
lalala... emosi noktural! atau biasa disebut mimpi basah ;p

Jadi, kalau ada yang bilang kodrat nya wanita adalah memasak atau kodrat nya pria adalah memimpin. Mungkin itu lebih mengacu kepada sisi feminin atau maskulin seseorang. Atau apabila ada yang berkata wanita kodrat nya mengurus anak dan pria kodrat nya menafkahi keluarga. Mungki itu lebih mengacu kepada role (peran).

23 Agustus 2013

0 komentar:

Posting Komentar