Pengertian Hasil Belajar
PENGERTIAN HASIL BELAJAR MENURUT PARA AHLI
Belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan. Perubahan perilaku tersebut menyangkut perubahan pengetahuan, keterampilan maupun sikap, bahkan meliputi segenap aspek organisme atau pribadi (Djamarah dan Zain, 1995: 11). Sukartiningsih (2005: 13) mendefinisikan belajar sebagai aktivitas manusia dimana semua potensi dikerahkan. Kegiatan ini tidak terbatas hanya pada kegiatan mental intelektual, tetapi juga melibatkan kemampuan-kemampuan yang bersifat emosional bahkan tidak jarang melibatkan kemampuan fisik. Rasa senang atau tidak senang, tertarik atau tidak tertarik, simpati atau antipati adalah dimensi-dimensi yang turut terlibat dalam proses belajar.
Ahli belajar mengajar dalam Sukartiningsih (2005: 13) mengemukakan bahwa belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan dan perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dengan cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan. Sedangkan Nasution dalam Sukartiningsih (2005: 13) mengemukakan bahwa belajar adalah usaha untuk mencari dan menemukan makna atau pengertian.
Tujuan pengajaran adalah mengarah pada peningkatan kemampuan baik kognitif, afektif, maupun psikomotor. Kegiatan belajar mengajar tidak lagi sekedar menyampaikan dan menerima informasi, tetapi mengolah iformasi sebagai masukan pada usaha peningkatan kemampuan. Hal ini sejalan dengan pendapat Gagne dalam Sukartiningsh (2005: 13) yang mengemukakan bahwa ada lima macam hasil belajar, tiga diantaranya bersifat kognitif, satu bersifat afektif dan satu lagi bersifat psikomotorik.
Pengertian hasil belajar juga dikemukakan oleh Risda dalam Sunarto (2006: 6) hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh atau dicapai oleh siswa pada bidang studi tertentu dengan menggunakan tes atau evaluasi sebagai alat pengukur keterampilan. Sedangkan belajar matematika mempunyai makna sebagai kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menghasilkan perubahan-perubahan pengetahuan.
0 komentar:
Posting Komentar