Pengertian Wide Area Network (WAN)


Pengertian Wide Area Network (WAN)
Perkembangan dan Kebutuhan atas informasi dan komonikas menurut komputer yang digunakan dapat berhubungan secara luas sehingga terbentuk metropolitan area network (MAN). Perkembangan kebuthan yang lebih luas lagi diperlukan jaringan yang lebih luas juga sehingga digunakan Wide Area Network (WAN). Jadi, MAN dan WAN merupakan perpaduan antara LAN yang simultan.
Jaringan WAN dapat mencapai antar pulau, antar negara, antar benua. WAN biasanya perangkat keras (hardware) dan dan perangkat lunak (software) tertentusehingga tidak bisa menggunakan sembarang hardware dan software. Jaringan WAN memiliki ciri khusus yaitu kebutuhan hal-hal yang seid, sejenis dan memiliki sifat khusus.
Jaringan-jaringan yang lebih rumit dikenal dengan nama Interconnection Networking (Internet). Jaringan internet merupakan jaringan MESH dalam skala internasional. Komputer satu terhubung dengan komputer senua Komputer diseluruh dunia dan bersifat Global. Secara sederhana jaringan internet dapat digambarkan seperti berikut:


Internet sendiri dikembangkan pertaa kali oleh Depertemen Pertahanan Amerika Serikat untuk keperluan meliternya. Pada saat itu meliter Amerika Serikat ingin menjangkau seluruh pasukannya walaupun berada di daerah pelodok. Program internet yang bersifat rahasi dilaksanankan oleh Advanced Resears Project Agency Network (ARPANet) yang pada awalnya hanya ada 3 komputer yang saling berhubungan di Utah, Amerika Serikat.

0 komentar:

Posting Komentar